Monday, December 16, 2013

CARA RELAKSASI

Problem sulit tidur semakin sering dialami oleh masyarakat perkotaan. Jangankan untuk bisa tidur nyenyak, mengantuk saja rasanya sulit sekali.

Kerja tubuh rupanya mirip dengan proses kerja shut down pada komputer. Sebelum benar-benar shut down, tubuh harus melewati beberapa tahapan hingga menjadi calm down. “Cara yang tepat untuk bisa tidur nyenyak sebenarnya hanya satu: rileks,” kata Roellya A. Tyas, M.Psi, associate psychologist dari Prakarsa Consulting. “Untuk bisa rileks, Anda dianjurkan melakukan relaksasi sebelum tidur.”

Coba beberapa relaksasi berikut sebelum tidur malam ini:

Mandi. Pulang kantor sudah sepatutnya Anda mandi, selarut apa pun Anda tiba di rumah. Tak perlu terburu-buru. Rasakan setiap tetes air yang meresap ke kulit Anda. Jadikan prosesi itu sebagai relaksasi. Gunakan air hangat, jika perlu. Air mandi bisa mengenyahkan segala penat dan capek di tubuh Anda.

Olah pernapasan. Setelah berada di tempat tidur, berbaringlah. Pejamkan kedua mata Anda. Tariklah napas Anda secara perlahan. Ulangi, kali ini tarik lebih dalam lagi. Rasakan setiap tarikan napas yang masuk lewat hidung Anda. Terus ulang sampai Anda benar-benar merasa rileks.

Relaksasi otot. Tegangkan semua otot Anda sampai batas maksimal, lalu rileks. Lakukan mulai dari otot-otot di jemari kaki hingga kepala Anda.

Bayangan tempat yang sunyi. Sambil memejamkan mata, bayangkan Anda seolah-olah berada di tempat yang sunyi. Terdengar gemuruh air terjun atau merasakan sepoi tiupan angin. Bayangkan Anda sedang duduk di tepi pantai di bawah pohon nan rindang dan memandang air laut yang biru.

Lakukan proses relaksasi tersebut secara rutin setiap hari. Anda pasti mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. (Antono Purnomo)