Monday, December 16, 2013

CARA RELAKSASI

Problem sulit tidur semakin sering dialami oleh masyarakat perkotaan. Jangankan untuk bisa tidur nyenyak, mengantuk saja rasanya sulit sekali.

Kerja tubuh rupanya mirip dengan proses kerja shut down pada komputer. Sebelum benar-benar shut down, tubuh harus melewati beberapa tahapan hingga menjadi calm down. “Cara yang tepat untuk bisa tidur nyenyak sebenarnya hanya satu: rileks,” kata Roellya A. Tyas, M.Psi, associate psychologist dari Prakarsa Consulting. “Untuk bisa rileks, Anda dianjurkan melakukan relaksasi sebelum tidur.”

Coba beberapa relaksasi berikut sebelum tidur malam ini:

Mandi. Pulang kantor sudah sepatutnya Anda mandi, selarut apa pun Anda tiba di rumah. Tak perlu terburu-buru. Rasakan setiap tetes air yang meresap ke kulit Anda. Jadikan prosesi itu sebagai relaksasi. Gunakan air hangat, jika perlu. Air mandi bisa mengenyahkan segala penat dan capek di tubuh Anda.

Olah pernapasan. Setelah berada di tempat tidur, berbaringlah. Pejamkan kedua mata Anda. Tariklah napas Anda secara perlahan. Ulangi, kali ini tarik lebih dalam lagi. Rasakan setiap tarikan napas yang masuk lewat hidung Anda. Terus ulang sampai Anda benar-benar merasa rileks.

Relaksasi otot. Tegangkan semua otot Anda sampai batas maksimal, lalu rileks. Lakukan mulai dari otot-otot di jemari kaki hingga kepala Anda.

Bayangan tempat yang sunyi. Sambil memejamkan mata, bayangkan Anda seolah-olah berada di tempat yang sunyi. Terdengar gemuruh air terjun atau merasakan sepoi tiupan angin. Bayangkan Anda sedang duduk di tepi pantai di bawah pohon nan rindang dan memandang air laut yang biru.

Lakukan proses relaksasi tersebut secara rutin setiap hari. Anda pasti mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. (Antono Purnomo)

Wednesday, December 11, 2013

relaksasi tepat

Sesuatu yang terdengar kecil tapi sebenarnya bisa memberi pengaruh yang besar kepala Anda. Semoga saja setelah membaca artikel ini Anda bisa lebih jernih memandang pekerjaan, dan mengambil keputusan dengan tepat.

Tertawa. Ini yang paling mudah, bertemanlah dengan apa pun yang bisa membuat Anda tertawa. Tertawa adalah penakluk stres yang baik. Karena tertawa bisa mendorong terjadinya sebuah proses relaksasi. Tekanan darah akan menurun dan otot-otot menjadi relaks. Tertawa juga bisa membantu tubuh melepas endorfin, hormon yang bisa membantu Anda lebih relaks. Dan hormon itu akan keluar setiap kali Anda terkekeh.

Meditasi dengan bonsai. Meletakkan tanaman di dekat meja kerja dapat menjadi penawar stres. Studi di Texas University mengindikasikan, orang yang stres bisa pulih lebih cepat saat dia melihat satu pemandangan hijau. Tambahan. Saat stres datang, duduklah, berkonsentrasilah menghadap tanaman itu selama 10 menit. Seperti Anda sedang melakukan meditasi. Karena hanya melihat sekilas sesuatu yang alami, Anda bisa mendapatkan semua hal yang Anda butuhkan untuk bangkit.

Nikmatnya Apple Pie. Berdasarkan studi di Yale University, aroma makanan dapat mengurangi pengaruh stres negatif. Dan aroma apel adalah satu aroma yang sangat efektif. Karena aromanya bisa membuat Anda menghasilkan pola otak yang sama dengan seseorang yang relaks. Jika Anda bukan penikmat apple pie, sebagai alternatif, pilih makanan tinggi karbohidrat dan tanpa protein. Seperti, kentang panggang, pasta, atau nasi dengan tambahan sayuran. Karbohidrat bisa meningkatkan pelepasan serotonin, zat kimiawi di dalam otak yang membuat stres berkurang.

Relaks dengan aromaterapi. Mandi aromaterapi dalam waktu singkat sangat bagus untuk menaklukkan stres. Aromaterapis Frances Fewell merekomendasikan campuran 6 tetes dari geranium, juniper, rosemary, clary sage, bergamot dan tangerine oil, tapi dengan sedikit busa sabun sebelum Anda menambahkan campuran itu ke dalam bathtub. Hal ini berguna untuk memastikan minyak aromaterapi menyebar merata. Karena minyak-minyak itu bisa menyebabkan masalah kulit jika mereka berkumpul di atas air.

Visualisasi relaks. Sebagai bantuan untuk Anda, cobalah latihan visualisasi sederhana yang direkomendasikan terapis asal Inggris Dr. Kai Kermani ini. Anda hanya perlu waktu beberapa menit. Awali latihan dengan duduk di kursi yang nyaman. Pastikan kaki serta lengan tidak menyilang, telapak kaki benar-benar jatuh ke tanah. Lalu bayangkan energi memasuki kaki dan mengalir ke atas melalui seluruh tubuh Anda. Bersamaan dengan pergerakannya, dia berubah warna: Merah ketika dari kaki ke perut bagian bawah, oranye di area pusar, kuning keemasan di atas perut, hijau di dada dan lengan, biru di tenggorokan, ungu di muka, dan akhirnya putih di bagian paling atas dari kepala Anda.
Setelah itu, bayangkan ada sumber cahaya yang sangat besar, putih perak di atas kepala. Bawa cahaya putih itu ke dalam Anda dan tarik ke bawah ke tubuh Anda. Bersamaan dengan pergerakannya ke dalam tubuh, dia menggantikan semua warna lainnya di dalam tubuh Anda tadi. Idealnya, lakukan latihan ini 2x sehari selama 5 menit.